-->
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG MANG CEK DIDIN, SEMOGA APA YANG ANDA CARI DISINI MENJADI INSFIRASI DAN BERMANFAAT UNTUK ANDA
Home » » TRADISI KECANTIKAN BIBIR PANJANG ALA SUKU MURSI ETHOPIA

TRADISI KECANTIKAN BIBIR PANJANG ALA SUKU MURSI ETHOPIA

Suku Mursi di Ethiopia juga mempunyai tradisi untuk mempercantik perempuan.
Mereka menilai kecantikan perempuan berdasarkan ukuran mulutnya.Semakin lebar mulut seorang perempuan , semakin cantiklah ia. Tradisi ini bagi warga setempat disebut ‘Labret’ atau biasa dikenal dengan ‘Lip Plate’.


Wanita-wanita di suku Mursi ini mulai memperbesar ukuran mulutnya di usia 13 hingga 16 tahun.Caranya dengan mengiris bagian bawah bibir sepanjang 1 hingga 2 cm, lalu dimasukkan piring bulat kedalam irisan luka itu.Setelah dua hingga tiga minggu piring tersebut diganti dengan ukuran yang lebih besar hingga mencapai diameter 10 hingga 15 cm, bahkan 25 sentimeter dan seterusnya.

Meski menyakitkan, perempuan yang menolak untuk mengikuti tradisi tersebut akan mendapat sanksi sosial. Bagi suku Mursi, adanya jejak ‘lip plate’ pada bibir seorang perempuan, menandakan bahwa ia layak untuk dinikahi. Untuk diketahui, tradisi ini dilakukan sebelum 6 hingga 12 bulan si gadis itu menikah.



0 komentar:

Post a Comment

Translate

Google+ Followers

mangcekdidin. Powered by Blogger.