JEMBATAN AKAR SUKU BADUY ( BANTEN ) - TERTAWA DAN MENAGIS

Friday 17 April 2020

JEMBATAN AKAR SUKU BADUY ( BANTEN )

Jembatan akar ini sendiri berdiri tepat di Desa Batara, Banten. Menurut cerita masyarakat sekitar, dahulu jembatan ini berawal dari hanya pohon bambu di atas kali sebagai lalu lintas warga mengunjungi ladang dan perkampungan mereka.



Tetapi seiring berjalannya waktu, maka bambu-bambu ini dijalar ke akar-akar pohon yang rimbun. Konon, proses penjalaran akar ini berlangsung sekitar 50-70 tahun.

Namun beberapa wargapun mengaku tak ada yang tahu bagaimana jembatan ini tercipta, hingga bisa tetap berdiri kokoh hingga sekarang. Masyarakat menyakini bahwa ini terjadi secara alami dan merupakan bentuk dari pemberian alam kepada masyarakat Baduy, tapi beberapa masyarakat juga memperkirakan jembatan ini merupakan buatan suku Baduy.

Jembatan akar adalah salah satu bukti kehebatan masyarakat Baduy dalam bersinergi dengan alam. Namun, apapun fakta tentang jembatan akar ini, keberadaan jembatan tersebut adalah saksi keberadaan dan kehidupan dari Suku Baduy.



Meski terlihat menakutkan dan tidak semua orang berani melalui jembatan ini, akan tetapi nyatanya jembatan akar inipun sangat aman dilalui oleh wisatawan yang berkunjung. Walau begitu, wisatawan diimbau untuk tetap berpegangan dan berhati-hati saat hendak menyusuri jembatan ini.