5 JENIS BURUNG KOLIBRI DAN PENJELASANYA - TERTAWA DAN MENAGIS

Friday 27 March 2020

5 JENIS BURUNG KOLIBRI DAN PENJELASANYA

5 JENIS BURUNG KOLIBRI DAN PENJELASANYA
Kolibri adalah termasuk spesies burung , burung kecil yang pemakan nektar atau sari bunga seperti lebah yang menyukai sari bunga yang akan di peroses menjadi madu, tetapi kolibri menggunakan nektar hanya untuk palan nya saja berbeda dengan lebah baca selengkapnya



Kolibri Leher Merah
Jenis kolibri leher merah ini Habitat asli dari burung ini adalah, daerah hutan tropis, yang memiliki ketinggian hingga 500 mdpl. Pakannya sendiri sama seperti jenis Kolibri lain, yaitu nektar dan serangga kecil.

Burung ini sangat mudah untuk dikenali, dengan ukurannya yang sedangkan dan warna hijau mengkilap. Burung kolibri leher merah ini sangat langka dan sudah sulit untuk ditemukan di daerah hutan indonesia.

Kolibri Jawa
Jika dilihat dari namanya, kita tentu sudah mengira habitat asli dari jenis ini. Ditemukan di sekitar pulau Jawa, ukuran dari burung ini hampir sama dengan Kolibri Sepah Raja namun bentuk postur dan warnanya sedikit berbeda.
Ciri tubuhnya sangat mudah untuk dikenali, dengan mahkota ungu dan kepala merahnya yang menonjol membuat seluruh penampilan semakin mengagumkan.

Kolibri Lebah
Kolibri lebah mendapat predikat sebagai burung terkecil didunia, bagaimana tidak ukuran tubuhnya saja hanya mencapai 4 hingga 5 cm. Bahkan dengan ukuran tubuh yang kecil ini, terkadang Kolibri Lebah jauh lebih kecil dari serangga. Pakan kesukaan dari Kolibri Lebah adalah nektar, dan makanan manis lainnya seperti madu atau susu kental manis.

Kolibri Pijantung
Jenis Kolibri ini tersebar di beberapa negara Asia Selatan dan Asia Tenggara. Bahkan 8 dari 11 jenis Kolibri Pijantung behabitat asli di Indonesia khususnya daerah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Jenis Kolibri Pijantung termasuk menjadi jenis burung terbesar, dimana panjang tubuh mereka antara 13 hingga 22 cm.

Kolibri Leher Rubi
Jenis Kolibri Leher rubi, merupakan satu dari sekian banyaknya jenis Kolibri yang menghabiskan musim dingin di beberapa daerah barat. Burung ini memang bukan asli dari Indonesia, karena umumnya berada di sekitar Amerika. Pakan Kolibri Leher Rubi adalah nektak, hingga serangga kecil seperti aba-laba atau ulat.

Kolibri Rufus
Burung Kolibri terakhir yang akan dibahas adalah, Kolibri Rufus. Jenis ini merupakan jenis Kolibri dengan hanya panjang sekitar 4 cm, dan paruhnya yang panjang dan ramping. Burung ini terkenal dengan keterampilannya terbang 1000 mil selama migrasi, pada habitat aslinya. Burung Rufus ini memiliki ciri khas yang unik, dengan tubuh berwana orange dan ukiran merah pada bagian lehernya.

Habitat dan kebiasaan
Burung jenis ini sering dijumpai di negara amerika selatan, namun jika dilihat sekilas hampir mirip dengan burung ngengat rajawali karena ukuran dan cara terbangnya yang serupa saat berada didekat bunga.