-->
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG MANG CEK DIDIN, SEMOGA APA YANG ANDA CARI DISINI MENJADI INSFIRASI DAN BERMANFAAT UNTUK ANDA
Home » » wali songo

wali songo

Berikut nama-nama sembilan wali
yang biasa dikenal dengan sebutan wali songo serta gambaran singkat mengenai metode dakwah dari para wali songo dalam menyebarkan agama Islam di Jawa :


1. Sunan Gresik
Nama aslinya adalah Maulana Malik Ibrahim, merupakan salah seorang wali songo yang diyakini sebagai pelopor penyebaran Islam di Jawa. Karena tempat tinggal untuk menyiarkan agama Islam dan pemakamannya berada di wilayah Gresik, maka masyarakat umum lebih mengenal beliau dengan nama Sunan Gresik. Beliau merangkul masyarakat kalangan bawah dengan mengajarkan cara-cara baru bercocok tanam, membangun pondok pesantren dan mesjid, mengadakan pengobatan gratis.

2. Sunan Ampel
Sunan Ampel bernama Asli Raden Rahmat, beristrikan seorang putri adipati Tuban bernama Nyai Ageng Manila. Dari pernikahan itu beliau mempunyai 4 orang anak dimana dua diantaranya merupakan sunan yang tergabung dalam wali songo yaitu Sunan Bonang dan Sunan Derajat. Beliau adalah pendiri pesantren yang bertempat di Ampel Denta-Surabaya yang menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam tertua di Jawa.

3. Sunan Giri
Nama asli dari Sunan Giri adalah Raden Paku atau dikenal juga dengan nama Prabu Satmata. Dikenal sebagai Sunan Giri karena beliau mendirikan pesantren di dekat sebuah gunung yang bernama Gunung Giri, berdakwah disana sampai akhir hayatnya. Sunan Giri dikenal sebagai pendidik yang demokratis, beliau mendidik anak-anak melalui permainan yang berjiwa agama misalnya jelungan, cublek-cublek suweng, ilir-ilir, dsb.

4. Sunan Bonang
Sunan Bonang adalah putra dari Sunan Ampel, beliau dikenal dengan nama Raden Maulana Makhdum Ibrahim atau Raden Ibrahim. Kemudian beliau menikah dengan Dewi Hiroh dan memperoleh seorang putri bernama Dewi Rukhil yang kemudian dipersunting oleh Sunan Kudus. Mengingat pada saat itu orang-orang Hindu/Budha gemar akan memainkan seni gamelan Jawa, maka beliau menambahkan instrumen Bonang dengan lirik-lirik tembang yang diciptakannya sarat akan nilai-nilai ketuhanan. Tembang tombo ati adalah salah satu karya beliau yang fenomenal. Dalam kegiatan dakwahnya beliau telah berhasil mengubah jalan Raden Syahid dari kesesatan menjadi seorang alim yang dikenal dengan julukan Sunan Kalijaga.

5. Sunan Drajat
Nama asli beliau adalah Masih Munat, merupakan putra kedua dari Sunan Ampel. Setelah belajar agama dari sang ayah, beliau hijrah ke Desa Drajat di Lamongan dan mendirikan pesantren disana. Beliau menekankan kedermawanan (menyantuni anak yatim dan fakir miskin), kerja keras, dan pengingkatan kemakmuran masyarakat sebagai pengamalan dari ajaran Islam.

6. Sunan Gunung Jati
Bernama asli Syarif Hidayatullah, beliau mengembangkan Cirebon sebagai pusat dakwah dan pemerintahan yang kemudian dikenal dengan nama Kesultanan Cirebon. Sebagai salah seorang wali songo, Sunan Gunung Jati mendapat penghormatan dari raja-raja lain seperti kerajaan Demak dan Pajang karena kedudukannya sebagai raja dan ulama. Beliau menyebarkan Islam ke daerah lain di Jawa Barat seperti Majalengka, Kuningan, Sunda Kelapa, dan Banten.

7. Sunan Kudus
Sunan Kudus bernama asli Ja’far Sidiq. Beliau menyiarkan Islam di daerah Kudus dan sekitarnya. Diantara wali songo yang lain beliau dijuluki al-‘alim (orang yang luas ilmunya) karena beliau memiliki keahlian khusus dalam bidang ilmu agama, terutama dalam ilmu fiqh, ushul fiqh, tauhid, tafsir, dan logika. Disamping juru dakwah, Sunan Kudus juga menjadi panglima perang Kesultanan Demak yang tangguh dan dipercaya untuk mengendalikan pemerintahan di daerah Kudus. Beliau tidak hanya menjadi pemimpin pemerintahan, tetapi juga menjadi pemimpin agama di daerah tersebut.

8. Sunan Kalijaga

Nama kecil dari Sunan Kudus adalah Raden Mas Syahid. Daerah dakwah Sunan Kalijaga tidak terbatas, bahkan sebagai mubaligh beliau berkeliling dari satu daerah ke daerah lain. Cara dakwah yang intelek dan aktual banyak menarik simpati para bangsawan dan cendikiawan, demikian juga lapisan masyarakat awam bahkan pengusaha. Pengetahuan di bidang seni melatarbelakangi Sunan Kalijaga melakukan pendekatan kebudayaan dalam menyebarkan agama Islam yaitu dengan memanfaatkan sarana wayang.

9. Sunan Muria
Nama aslinya adalah Raden Umar Said, namun beliau lebih terkenal dengan nama Sunan Muria karena pusat kegiatan dakwah dan makamnya terletak di Gunung Muria. Ciri khas Sunan Muria dalam menyebarkan Islam adalah menjadikan desa-desa terpencil sebagai tempat dakwahnya. Beliau lebih suka menyendiri dan bertempat tinggal di desa dan bergaul dengan rakyat biasa.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Google+ Followers

mangcekdidin. Powered by Blogger.