-->
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG MANG CEK DIDIN, SEMOGA APA YANG ANDA CARI DISINI MENJADI INSFIRASI DAN BERMANFAAT UNTUK ANDA
Home » » TAHALUL ATAU POTONG RAMBUT haji

TAHALUL ATAU POTONG RAMBUT haji

TAHALUL adalah "potong rambut", dengan rangkaian haji dengan tujuan membersihkan diri dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Bagi kaum laki-laki, usai melakukan ritual ibadah haji atau umrah, ataupun usai melempar jumrah yang pertama, dianjurkan untuk melakukan “tahalul”. Prosesi tahalul artinya adalah “memotong rambut”. Dengan melakukan pemotongan rambut atau bercukur, kita diyakini akan bersih atau terlahir kembali, bagaikan bayi yang baru lahir.

 Memotong rambut adalah juga simbol dibuangnya pikiran-pikiran kotor yang kerap bersemayam di kepala. Setelah rambut kita dipotong, diharapkan pikiran kita menjadi baru, dipenuhi oleh niat dan jiwa yang bersih.

 riwayat Nabi Muhammad SAW yang pernah bersabda, bahwa barangsiapa bertahalul (bercukur) hingga habis rambutnya, akan didoakan sebanyak tiga kali. Bayangkan rasanya didoakan oleh Nabi kan. Didoakan orang tua atau guru saja kita sudah senang rasanya, apalagi oleh nabi.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

Google+ Followers

mangcekdidin. Powered by Blogger.